Berita

  • SURAT KETERANGAN PENDAMPING IJAZAH (SKPI)

    May
    01

    Posted by: Administrator

    SURAT KETERANGAN PENDAMPING IJAZAH (SKPI)

    Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau Diploma Supplement adalah surat pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi, berisi informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan tinggi bergelar. Manfaat SKPI bagi lulusan adalah sebagai berikut:


    1. Merupakan dokumen tambahan yang menyatakan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, dan sikap/moral  seorang lulusan yang lebih mudah dimengerti oleh pihak pengguna di dalam maupun luar negri dibandingkan dengan membaca transkrip 
    2. Merupakan penjelasan yang obyektif dari prestasi dan kompetensi pemegangnya 
    3. Meningkatkan kelayakan kerja (employability) terlepas dari kekakuan jenis dan jenjang program studi.

    SKPI dikeluarkan oleh institusi Pendidikan Tinggi yang berwenang mengeluarkan ijazah sesuai dengan paraturan perundang-undangan yang berlaku.SKPI hanya diterbitkan setelah mahasiswa dinyatakan lulus dari suatu program studi secara resmi oleh Perguruan Tinggi.SKPI diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. 


    SKPI sudah mulai diberlakukan pada Agustus 2014 dan oleh karena itu, setiap mahasiswa akan mendapatkan tiga dokumen ketika lulus yaitu ijazah, transkip nilai dan SKPI.


    Dengan diberlakukannya SKPI ini, maka diharapkan mahasiswa dapat mengasah kemampuannya tidak hanya di bidang akademik saja, tapi juga harus terlibat dalam kegiatan pendukung akademik lain seperti seminar, pelatihan, toefl, kompetisi berbagai bidang, prestasi, kompetensi, ekstrakulikuler dan lain sebagainya untuk memberikan nilai tambah ketika lulus.